Caleg Kristen Raih Enam Kursi di DPRD Kota Jambi


Warga Huria Batak Kristen Protestan (HKBP) Syaloom Aur Duri Kota Jambi melakukan ibadah raya dan pesta pembangunan di bawah tenda di atas tanah lapang, Minggu (27/4/2014) karena gereja mereka disegel Wali Kota Jambi sejak Desember 2012.(Foto : Warna/Rds)

(Warna/Jambi) – Calon legislatif (caleg) dari kalangan umat Kristen di Kota Jambi meraih enam dari 45 kursi di DPRD Kota Jambi hasil pemilihan umum legislatif (Pileg) 9 April 2014. Jumlah kursi DPRD Kota Jambi yang diraih caleg Kristen tersebut bertambah satu. Pada Pileg 2009, jumlah kursi DPRD Kota Jambi yang diraih caleg Kristen hanya lima.

Berdasarkan pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi mengenai penetapan anggota DPRD Kota Jambi periode 2014 0 2019 hasil Pileg 9 April 2014 di Kota Jambi, Senin (12/5), Keenam caleg yang lolos merebut kursi DPRD Kota Jambi itu berasal dari partai politik (parpol) yang berbeda.

Empat orang caleg Kristen yang lolos menjadi anggota DPRD Kota Jambi berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Keempat caleg Kristen dari PDIP tersebut, Yeny  Br Sinaga, Junaedi Singarimbun, Sihar Sagala dan Maria Magdalena Tampubolon. Seorang caleg Kristen lainnya, yakni Ir Paul Andre Marisi Nainggolan berasal dari Partai Demokrat, dan seorang lagi, Efron Purba berasal dari Partai Gerindra.

Dari enam caleg Kristen yang berhasil meraih kursi di DPRD Kota Jambi tersebut, empat di antaranya muka lama, dan dua muka baru. Caleg Kristen muka lama yang berhasil mempertahankan kursi di DPRD Kota Jambi, yakni yakni Paul Andre Marisi Nainggolan (tetap dari Partai Demokrat), Maria Magdalena Tampubolon (tetap PDIP), Junaedi Singarimbun (tetap PDIP) dan Efron Purba (dulu Partai Damai Sejahtera/PDS).

Sedangkan dua orang lainnya, yakni Yeny Br Sinaga dan Sihar Sagala merupakan muka baru (dari PDIP). Caleg Kristen yang gagal mempertahankan kursi di DPRD Kota Jambi, yakni Jefry Pardede dari Partai Golkar. Caleg Kristen yang meraih kursi di DPRD Provinsi Jambi hanya satu orang, yakni Luhut Silaban dari PDIP daerah pemilihan Kabupaten Tanjungjabung Barat dan Tanjungjabnung Timur. Sedangkan untuk DPR RI, tidak ada caleg Kristen yang lolos.

Sementara itu anggota KPU Kota Jambi, Hazairin mengatakan, perolehan kursi caleg di DPRD Kota Jambi terkait erat dengan perolehan suara caleg dan partai politik pada Pileg 9 April 2014. Sesuai dengan hasil rekapitulasi perolehan suara caleg dan parpol pada Pileg 9 April 2014 yang dilaksanakan KPU Kota Jambi, Partai Demokrat meraih suara terbanyak, yakni 47.912 suara. 

Seorang caleg Kristen Kota Jambi berasal dari Partai Demokrat. PDIP berada di peringkat kedua dengan meraih suara 39.968 suara. Caleg Kristen dari PDIP meraih empat kursi di DPRD Kota Jambi. Peringkat ketiga diduduki Partai Gerindra dengan perolehan 34.210 suara. Satu kursi DPRD Kota Jambi diraih seorang caleg Kristen dari Partai Gerindra.  

Kemudian (Partai Amanat Nasional/PAN) meraih 28.557 suara, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) meraih 24.263 suara, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meraih 22.913 suara, Golongan Karya (Golkar) meraih 22.497 suara, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) meraih 22.166 suara, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meraih 14.994 suara, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) meraih 14.927 suara, Partai Bulan Bintang (PBB) meraih 12.199 suara dan Partai Kesatuan Pembangunan Indonesia (PKPI) meraih 8.594 suara. Dari sembilan partai tersebut tidak ada caleg Kristen yang berhasil meraih kursi di DPRD Kota Jambi.



Bangunan Gereja HKBP Syaloom Aur Duri Kota Jambi yang terbengkalai sejak tahun 2012. Pembangunan gereja itu tidak dilanjutkan karena dilarang Wali Kota Jambi. (Foto: Warna/Rds)


Secara terpisah, warga Kristen Kota Jambi menyambut baik keberhasilan caleg Kristen meraih enam kursi di DPRD Kota Jambi. Keberhasilan enam caleg Kristen duduk di DPRD Kota Jambi untuk periode 2014 – 2019 diharapkan mampu menjadi penyalur aspirasi umat Kristen di Kota Jambi.

E Br Nainggolan (35), warga Talang Bakung, Kota Jambi mengatakan, sangat berharap banyak terhadap keberhasilan warga Kristen menduduki kursi DPRD Kota Jambi. Tampilnya warga Kristen di DPRD Kota Jambi diharapkan bisa menjadi jembatan bagi umat Kristen untuk memperjuangkan harapan-harapannya dalam pembangunan Kota Jambi.

“Salah satu harapan kita yang perlu diperjuangkan anggota DPRD Kota Jambi dari warga Kristen, yaitu kebebasan beribadah, termasuk membangun rumah ibadah. Selama ini anggota DPRD dari kalangan Kristen di Kota Jambi belum mampu memperjuangkan kebebasan beribadah. Salah satu bukti ialah terjadinya penyegelan Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Syaloom, Aur Duri, Kota Jambi yang dilakukan Wali Kota Jambi, Bambang Priyanto. Sampai sekarang gereja tersebut masih disegel,”katanya.

Menurut B Br Nainggolan, kebutuhan umat Kristen lainnya di Kota Jambi yang perlu diperjuangkan anggota DPRD Kota Jambi dari warga Kristen, yaitu pengurusan akte perkawinan dan kelahiran anak dari catatan sipil, pembangunan fasilitas permukiman di daerah pengembangan baru yang dihuni banyak warga Kristen, khususnya fasilitas air bersih dan listrik. (Warna/Rds)

2 Responses to "Caleg Kristen Raih Enam Kursi di DPRD Kota Jambi"

  1. Pencari Pinjaman yang Terhormat,

    Salam dari PERUSAHAAN PINJAMAN REBACCA.

    Kami adalah Pemberi Pinjaman pinjaman bersertifikat yang menawarkan pinjaman kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman. Kami memberikan pinjaman untuk proyek, bisnis, pajak, Hutang, tagihan, dan banyak alasan lainnya. Kami beroperasi dengan tingkat bunga 2%. Masih ada banyak keuntungan dengan mendapatkan pinjaman dari perusahaan ini, jadi Apakah Anda memerlukan pinjaman? Apakah Anda berhutang? Apakah Anda ingin memulai bisnis dan membutuhkan modal? Apakah Anda memerlukan pinjaman atau dana untuk alasan apa pun? Bantuan Anda akhirnya ada di sini, karena kami memberikan pinjaman kepada semua orang dengan tingkat bunga yang lebih murah dan terjangkau hanya 2%, jika tertarik silakan hubungi kami hari ini di: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com) dan dapatkan pinjaman Anda hari ini.

    kami memberikan yang berikut;
    *Perbaikan rumah
    * Pinjaman Penemu * Kredit Mobil
    * Pinjaman Konsolidasi Utang
    * Lini Kredit * Pinjaman Kedua
    * Pinjaman Bisnis * Pinjaman Pribadi
    * Pinjaman Internasional.

    Kami bersertifikat, dapat dipercaya, dapat diandalkan, efisien, Cepat dan dinamis. Jika Anda tertarik, silakan hubungi kami melalui WhatsApp Number +14052595662

    Semoga berhasil,
    PERUSAHAAN PINJAMAN REBACCA.

    BalasHapus
  2. selamat hari untuk semua orang di Indonesia dan juga untuk semua di Asia, nama saya Ny. Fatimah fahariah, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di internet untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman internet, Allah dukung saya melalui ibu yang baik, Ny. KARINA

    Setelah periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak sepanjang waktu, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya mengganti Rp. 17.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian mengatakan kepada saya untuk menghubungi MRS KARINA, yang adalah pemilik PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND, jadi teman saya meminta saya untuk meminta permintaan dari Ibu KARINA , jadi saya mengumpulkan perjanjian dan menghubungi Ny. KARINA

    Saya meminta pinjaman sebesar Rp.800.000.000 dengan bunga 2%, jadi saya mendapat pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dan semuanya dilakukan dengan kredit transfer, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer. pinjaman. Saya hanya setuju untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka. untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu jam uang telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp. 800.000.000. Saya sangat senang karena ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memberi saya permintaan hati saya.

    Semoga ALLAH memberkati MRS KARINA karena membuat hidup saya mudah, jadi saya meminta siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk dapat menghubungi MRS KARINA melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com untuk pinjaman Anda atau whatsapp +1 (585) 708-3478

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar ALLAH akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda juga.

    BalasHapus