HKBP dan GMKI Jambi Gelar Pesta Kebangunan Rohani


Papan reklame pengumuman Pesta Kebangunan Rohani Pemuda/I Kristen Jambi yang dipasang di Jalan Kapten Sujono depan HKBP Kotabaru Jambi. Pengumuman tersebut diharapkan mampu menggugah perhatian pemuda Kristen Jambi untuk mengikuti acara tersebut. (Foto:Warna/Rds).

(Warna/Jambi) – Pemuda (Naposo Bulung) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Syaloom Aur Duri Kota Jambi bekerja sama dengan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Jambi dan Persekutuan Pemuda Kristen Mandalo (P3KM) Jambi menyelenggarakan serangkaian kegiatan rohani untuk para pemuda Kristen se-Provinsi Jambi. 

Kegiatan tersebut dihelat dengan tajuk Pesta Kebangunan Rohani Pemuda/I Kristen Jambi. Rangkaian kegiatan pesta kebangunan rohani tersebut terdiri dari Ibadah Raya dan Pergelaran Kesenian yang dilaksanakan Minggu, 2 November 2014, Festival Band Gerejawi se-Provinsi Jambi yang dilaksanakan Jumat – Sabtu, 27 – 28 November 2014 dan Seminar Gerejawi, Sabtu, 1 November 2014. Sebelum acara puncak kebangunan rohani tersebut dilaksanakan bulan November, panitia menggelar Konser Rohani menampilkan Judika Sihotang di GOR Kotabaru Jambi, Minggu, 26 Oktober 2014 jam 18.00 WIB.

Ketua Umum Panitia Pesta Kebangunan Rohani Pemuda/I Kristen Jambi, Olan Kusuma Siahaan di Jambi, Sabtu, 13 September 2014 mengatakan, pesta kebangunan rohani, festival band gerejawi dan seminar  gerejawi pemuda Kristen Jambi tersebut digelar sebagai salah satu upaya membangkitkan hidup kerohanian pemuda gereja di tengah – tengah persekutuan dan pelayanan gereja, khususnya di Provinsi Jambi.

Pesta kebangunan rohani itu juga dilaksanakan untuk menumbuh-kembangkan keaktifan kaum remaja dan pemuda gereja, baik dalam ibadah minggu, pelayanan, persekutuan dan pemahaman Alkitab. Kemudian pesta kebangunan rohani itu juga dimaksudkan untuk mengembangkan bakat dan talenta  pemuda dalam melayani jemaat di tengah gereja maupun lingkungan masyarakat. 

“Pemuda merupakan harapan Gereja, masyarakat, bangsa dan negara. Karena itu para pemuda gereja perlu mendapatkan pembekalan kerohanian dan pembinaan yang baik. Gereja sendiri memiliki peran penting memberikan pembekalan dan pembinaan kepada para pemuda Kristen, khususnya dalam bidang mental dan spiritual. Karena itulah kami menyelenggarakan pesta kebangunan rohani pemuda Kristen Jambi ini,”katanya. 

Menurut Olan, salah satu kegiatan pesta kebangunan rohani pemuda Kristen Jambi yang perlu dihadiri para pemuda Kristen di Jambi, yaitu seminar mengenai “Tanggung jawab seorang pemuda Kristen dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam konteks Jambi, Indonesia dan dunia” serta “Menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi pemuda”. Seminar tersebut menampilkan pembicara mantan Ephorus HKBP, Pdt Dr SAE Nababan dan mantan Gubernur Jambi, H Zulkifli Nurdin. 

Selain itu, untuk menunjukkan kepedulian pemuda Kristen Jambi terhadap sesama dan kelestarian lingkungan hidup, berkaitan dengan pesta kebangunan rohani tersebut juga diisi dengan aksi donor darah, pemberantasan sarang nyamuk, gotong – royong kebersihan di Kelurahan Penyengat Rendah, Kota Jambi atau sekitar Gereja HKBP Syaloom Aur Duri serta penanaman 2.000 batang pohon penghijauan di daerah aliran sungai (DAS), lahan gundul dan lahan kritis di beberapa wilayah Jambi. Kegiatan aksi sosial dan peduli lingkungan tersebut dilaksanakan medio Agustus – September 2014.

Mengenai festival band gerejawi, Olan mengatakan, kegiatan audisi festival band tersebut dilaksanakan di Gereja HKBP Syaloom Aur Duri, September 2014. Kemudian grand final festival band tersebut dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) Kotabaru Jambi, 25 Oktober 2014. Salah satu juri yang dihadirkan pada kesempatan tersebut, yaitu Judika Sihotang. 

“Bagi pemuda Kristen Jambi yang ingin mengikuti kegiatan pesta kebangunan rohani, festival band dan seminar gerejawi pemuda Kristen Jambi bisa menghubungi Panitia di Gereja HKBP Syaloom Aur Duri, Kota Jambi, Jalan Lintas Timur, Penyengat Rendah, telepon 085370701802,”katanya. (Warna/Rds)




0 Response to "HKBP dan GMKI Jambi Gelar Pesta Kebangunan Rohani "

Posting Komentar