Gema Pesparawi Nasional XI di Kota Ambon




Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) ketika membuka Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Tingkat Nasional XI di Stadion Mandala Remaja, Ambon, Maluku, Selasa (6/10/2015) malam. (Foto : Ist)
(Warna/Jambi) – Kota Ambon, Provinsi Maluku menjadi pusat perhatian nasional, khususnya umat Kristen Indonesia selama sepekan ini menyusul digelarnya Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Tingkat Nasional XI di daerah Indonesia timur itu.

Pesparawi tersebut dihadiri sekitar 7.020 orang anggota kontingen dan penggembira paduan suara dari 34 provinsi di Indonesia. Pesparawi itu sendiri dibuka langsung oleh Presiden Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stadion Mandala Remaja, Ambon, Maluku, Selasa (6/10/2015).

Pesparawi Nasional XI tersebut berlangsung meriah karena memperlombakan 12 jenis perlombaan. Perlombaan tersebut antara lain, paduan suara (PS) dewasa campuran atau gemende koor, PS pria, PS wanita, PS semaja dan pemuda campuran, PS anak, vocal grup, musik pop gerejawi, solo remaja putra, solo remaja putri, solo anak 7-9 tahun, solo anak 10-13 tahun dan musik etnik. Sementara itu Tim Pesparawi Jambi yang mengikuti Pesparawi Tingkat Nasional XI di Ambon diwakili PS dewasa campuran dan PS remaja dan pemuda campuran.

Presiden Jokowi pada pembukaan Pesparawi Tingkat Nasional XI di Ambon mengatakan, semboyan Bhinneka Tunggal Ika terus mengingatkan persaudaraan antar masyarakat di Indonesia. Melalui semboyan tersebut, masyarakat Indonesia akan selalu ingat bahwa mereka bersaudara, lahir dari rahim Ibu Pertiwi Indonesia.

"Hidup kita harus berbuah. Buah tersebut adalah komitmen dan kesadaran religius kita untuk selalu mengingat jati diri kita sebagai bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika," katanya.


Presiden merasa berbahagia ketika mendengar peserta Pesparawi tinggal di rumah penduduk yang berbeda agama.

"Saya percaya bahwa dalam keragaman kita sebagai bangsa, baik keragaman suku, keragaman agama maupun budaya, melekat nilai untuk saling menghargai dan menghormati,"ujarnya.

Dalam kunjungannya ke Ambon, Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Widodo, Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Anggota Tim Komunikasi Presiden Sukardi Rinakit dan Tokoh Maluku Suaidi Marasabessy. (Warna/Rds : Dari berbagai sumber)

0 Response to "Gema Pesparawi Nasional XI di Kota Ambon"

Posting Komentar