Natal Nasional di Papua Bangkitkan Nasionalisme Umat Krtisten



Presiden RI ke-7, Joko Widodo (Jokowi) ketika memberikan sambutan pada perayaan Natal Oikumene tingkat Nasional 2014 di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Sabtu (27/12/2014) malam. (Foto: Berita1.Com)

Bangkitkan Toleransi Umat Beragama

(Warna/Jambi) - Perayaan Natal Oikumene (seluruh umat Kristen) secara nasional yang digelar di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Sabtu (27/12/2014) malam memiliki makna istimewa bagi umat Kristen di Indonesia, khususnya bagi masyarakat Papua. Natal Oikumene Nasional 2014 disebut istimewa karena baru kali pertama Natal Oikumene Nasional diselenggarakan di Bumi Cenderawasih tersebut. Kemudian perayaan Natal tersebut juga dihadiri Presiden RI ke-7, Joko Widodo (Jokowi), Ibu Negara, Iriana dan anak-anak Presiden serta sejumlah Menteri Kabinet Pemerintahan Jokowi.

Perayaan Natal Oikumene Nasional di Jayapura, Papua tersebut juga menjadi kebanggan bagi umat Kristen di luar Papua, termasuk bagi umat Kristen di Sumatera. Kebanggan itu muncul karena Presiden Jokowi memberikan perhatian lebih dan iklas terhadap keberadaan umat Kristen, khususnya di Tanah Papua. 

"Bagus lah perayaan Natal Nasional tahun ini. Diadakan di Papua baru pertama kali. Hadir pula Presiden Jokowi. Sudah saatnya Papua mendapat perhatian pemerintah agar pembangunan di daerah itu lebih cepat berkembang. Pantaslah orang Papua berbangga karena kehadiran Jokowi di Papua dalam perayaan Natal juga memberikan berkat bagi masyarakat Papua dengan dibangunnya beberapa pasar modern,"kata Ny Ngatminah (65), warga Gereja Katolik Santa Theresia Kota Jambi ketika menyaksikan perayaan Natal nasional di Papua melalui siaran televisi, Sabtu (27/12/2014) malam. 

Ribuan Umat Kristen memadati Stadion Mandala, Jayapura, Papua pada perayaan Natal Oikumene tingkat Nasional 2014, Sabtu (27/12/2014) malam. (Foto: Berita1.Com)
Pesan Damai

Sementara itu Presiden Jokowi salam sambutanyya padaperayaan Natal tersebut mengharapkan agar  perayaan Natal Nasional 2014 di Jayapura, Papua, dapat membawa damai bagi seluruh umat Kristiani di seluruh tanah air dan khususnya di Papua.

"Perayaan Natal kali ini kita harapkan benar-benar dapat membawa suasana damai kepada siapa saja yang merayakannya termasuk di tanah Papua," harap Presiden Jokowi disambut tepuk tangan Puluhan ribu masyarakat Papua yang menghadiri Natal Nasional.

Dalam kesempatan ini pula, Jokowi menyampaikan ucapan selamat hari Natal disertai salam hormat dan bahagia kepada seluruh umat Kristiani, di Jayapura, Tanah Papua serta di seluruh pelosok Tanah Air.
"Semoga perayaan Natal dapat memberikan kedamaian, kebahagiaan, kesejahteraan bagi saudara-saudara semuanya," ucap Jokowi yang mengenakan baju batik khas Papua bermotif burung Cendrawasih.
Puluhan ribu umat kristiani yang hadir dan memenuhi Stadion Mandala memakai topi Sinterklas.

Sejumlah Menteri turut hadir mendampingi Jokowi. Seperti Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin,.
Selain itu Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, Kapolri Jenderal (Pol) Sutarman dan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Miniatur Indonesia

Sementara itu Ketua Umum Perayaan Natal Nasional, Yohana S Yembise dalam sambutannya pada perayaan NatalOikumene tingkat Nasional tersebut mengatakan, Tanah Papua merupakan miniatur Indonesia karena toleransi beragama di Bumi Cendrawasih dinilai sangat tinggi.

"Selama ini ada rasa saling junjung antar agama di Papua, di atas Tanah yang diberkati ini," ujarnya.

"Kami atas panitia Natal Nasional mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinginya kepada Bapak  Presiden dan Ibu Negara Iriana Widodo seluruh rombongan, umat Kristiani di Tanah Papua yang telah meluangkan waktu menghadiri Natal Nasional di Kota Jayapura," ujar Yohana.

"Selamat Natal 2014 kepada umat Kristiani di seluruh Indonesia dan selamat menyongong Tahun Baru 2015, Tuhan memberkati, salam sejahtera untuk kita semua," pungkasnya.

Menteri yang turut menghadiri perayaan Natal nasional di Papua tersebut, yakni Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, Kapolri Jenderal (Pol) Sutarman dan Gubernur Papua Lukas Enembe.(Warna/Rds. dari Berbagai Sumber

Ribuan Umat Kristen memadati Stadion Mandala, Jayapura, Papua pada perayaan Natal Oikumene tingkat Nasional 2014, Sabtu (27/12/2014) malam. (Foto: Berita1.Com)

0 Response to "Natal Nasional di Papua Bangkitkan Nasionalisme Umat Krtisten "

Posting Komentar