Hormati Lebaran, GKPS Jambi Tunda Kegiatan




Spanduk Selamat Marayakan Idul Fitri atau Lebaran yang dipasang Jemaat GKPS Jambi di depan Gereja. Spanduk tersebut merupakan aksi simpatik dan tanda rasa hormat terhadap umat Muslim yang merayakan Lebaran. [Foto : Rds/Warna)
 

[JAMBI] Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Resort Jambi menunda beberapa kegiatan untuk menghormati perayaan Lebaran atau Idul Fitri 1 Syawal 1436 Hijriyah. Kegiatan GKPS Resort Jambi tersebut ditunda untuk memberikan kesempatan kepada warga GKPS Resort Jambi melakukan kunjungan silaturahmi Lebaran ke rumah keluarga dan rekan-rekan kerja. Selain itu, penundaan kegiatan juga dilakukan karena banyak warga dan Majelis Jemaat GKPS Resort Jambi mudik ke kampong halaman saat lebaran kali ini.

Pendeta (Pdt) GKPS Resort Jambi, Pdt JP Tamsar STh kepada Warta Nasrani di Jambi, Rabu (22/07/2015) menjelaskan, salah satu kegiatan GKPS Resort Jambi yang ditunda berkaitan dengan lebaran, yaitu Pembinaan Majelis Jemaat GKPS Resort Jambi. Pembinaan majelis jemaat tersebut sedianya dilaksanakan Sabtu (18/07/2015). 

Tetapi karena waktu itu masih dalam suasana lebaran, banyak anggota majelis yang mudik ke kampung halaman dan mengunjungi handai tolan selama lebaran, kegiatan tersebut ditunda. Pembinaan Majelis Jemaat GKPS Jambi akhirnya digelar hari Jumat (24/97/2015). 

“Kami menunda beberapa kegiatan terkait libur lebaran tidak hanya untuk menghormati saudara-saudara kita umat Muslim. Tetapi juga meberikan kesempatan bagi warga jemaat dan Majelis Jemaat GKPS Resort Jambi mengunjungi sanak – saudara yang merayakan lebaran,”katanya. 

Beberapa gereja di Jambi juga memasang Spanduk Selamat Merayakan Lebaran untuk menunjukkan rasa solidaritas dan hormat terhadap umat Muslim. Spanduk selamat lebaran di Gereja Methodist Indonesia (GMI) Moria Jalan Kol. M Kukuh Kota Jambi. [Foto : Rds/Warna)

Selain menunda kegiatan, GKPS Resort Jambi dan GKPS Persiapan Tanah Kanan Kota Jambi juga melakukan aksi sosial terkait perayaan Lebaran. Aksi sosial tersebut, yaitu memberikan bingkisan lebaran kepada warga masyarakat kurang mampu di sekitar GKPS Persiapan Tanah Kanaan. 

Aksi sosial tersebut dilakukan setiap lebaran, Pada aksi sosial tersebut, bingkisan yang diberikan berupa kebutuhan pokok yang dibutuhkan umat Muslim, yaitu gula pasir, minyak goring, tepung terigu dan sebagainya. 

“Kami melakukan aksi sosial ini untuk menjalin tali silaturahmi dengan warga masyarakat sekitar gereja, sekaligus menunjukkan rasa pedulu terhadap warga kurang mampu di sekitar gereja,”katanya. 

Menurut Pdt JP Tamsar STh, GKPS Jambi juga melakukan aksi simpatik menyambut Lebaran dengan memasang spanduk ucapan selamat lebaran kepada umat Islam. Spanduk tersebut dipasang di depan GKPS Kotabaru Jambi. Ucapan selamat tersebut merupakan alaha satu rasa penghormatan kepada umat Islam yang merayakan lebaran. Sebelumnya, GKPS Kotabaru Jambi juga memasang spanduk ucapan selamat berpuasa.

“Masyarakat kita adalah masyarakat yang majemuk, beragam. Sudah sepantasnya kita menghormati sesama umat Beragama. Kemudian warga GKPS Jambi juga memiliki banyak anggota keluarga atau saudara yang memeluk agama Islam. Jadi rasa saling menghormati terhadap saudara yang berbeda agama sudah terbiasa di lingkungan GKPS,”katanya. (Rds/Warna)


 Spanduk selamat lebaran di depan Gereja HuriaKristen Batak Protestan (HKBP) Resort Jambi, Jalan Kapten Sujono, Kota Jambi. [Foto : Rds/Warna)

0 Response to "Hormati Lebaran, GKPS Jambi Tunda Kegiatan"

Posting Komentar