Antisipasi Flu Babi, Penumpang Kapal Asal Singapura Diperiksa Ketat

[JAMBI, Senin, 13 Juli 2009] Petugas kesehatan pelabuhan laut Kota Kualatungkal, Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar), Provinsi Jambi memperketat pemeriksaan penumpang kapal feri asal Singapura dan Malaysia. Pemeriksaan itu dilakukan mengantisipasi penyebaran flu babi atau virus H1N1 di daerah itu.

Kepala Kesehatan Pelabuhan Kualatungkal, M Fuadi di pelabuhan Kualatungkal, Senin (13/7) menjelaskan, untuk mencegah masuknya penderita flu babi dari luar negeri, khususnya dari Korea Selatan ke Indonesia yang masuk melalui pelabuhan Kualatungkal, Jambi, pihaknya melakukan jemput bola memeriksa para penumpang kapal feri.

"Petugas kita memeriksa kesehatan para penumpang langsung di beberapa dermaga tempat bersandar kapal sebelum mereka memasuki Kota Kualatungkal. Bila ada penupang yang demam tinggi dengan suhu tubuh 38 derajat celsius, kita akan langsung amankan ke rumah sakit. Cara jemput bola ini kita lakukan agar kita jangan sampai kecolongan flu babi,"katanya.

Dijelaskan, penumpang kapal asal Singapura dan Malaysia yang masuk ke Jambi melalui Batam dan pelabuhan Kualatungkal sanga rawan flu babi karena jalur Singapura - Malaysia - Batam merupakan jalur perdagangan dan transportasi internasional.

"Selama ini cukup banyak para pengusaha asal Singapura dan Malaysia yang keluar masuk Jambi melalui Batam dan pelabuhan Kualatungkal. Kemudian pelabuhan Kualatungkal juga merupakan salah satu jalur perdagangan daging babi ke Batam dan Singapura. Bila tak ada pengawasan ketat, penderita flu babi bisa lolos masuk Jambi,"katanya.

M Fuadi mengatakan, pihaknya belum menemukan penumpang kapal yang terkena virus flu babi selama melakukan pemeriksaan dua bulan terakhir. Namun demikian pengawasan terhadap penularan virus tersebut terus dilakukan. Khusus mengantisipasi terjangkitnya virus flu babi di kalangan warga negara Indonesia di Korea Selatan, pengawasan dan pemeriksaan penumpang asal luar negeri dan Batam di pelabuhan Kualatungkal dilakukan 24 jam. [141]

0 Response to "Antisipasi Flu Babi, Penumpang Kapal Asal Singapura Diperiksa Ketat"

Posting Komentar