Hujan Turun, Warga Kota Jambi Lega


[JAMBI] Warga Kota Jambi, termasuk umat Kristen di kota tersebut mulai merasa lega setelah hujan turun di Kota Jambi, Senin (17/3/2014) sore. Turunnya hujan tersebut membuat asap kebakaran lahan dan hutan yang menyelimuti kota itu dua bulan terakhir lenyap. Kemudian sumur-sumur warga Kota Jambi yang sempat kering pun mulai terisi air kembali. Sedangkan kualitas udara yang buruk mulai bersih karena hujan membuat debu hilang.

Ny Ngatminah (60), warga Gereja Katolik St Theresia Kota Jambi, Senin (17/3/2014) mengatakan lega karena hujan membuat asap hilang dan udara terasa bersih. Selain itu tanaman juga tidak perlu lagi disiram setiap hari. Tapi Dia mengharapkan hujan turun secara intensif hingga beberapa pecan mendatang agar asap kebakaran lahan dan hutan benar-benar lenyap dan sumur penuh air.

Prakirawan atau pengamat cuaca dari Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi, Kurnianingsih kepada wartawan di Jambi, Senin (17/3/2014) mengatakan, hujan masih akan turun di Jambi hingga pekan mendatang dengan intensitas ringan. Karena intensitas hujan masih ringan, asap kebakaran lahan dan hutan masih tetap harus terus diwaspadai

Pantauan Warta Nasrani (Warna) di Kota Jambi, kota tersebut dan beberapa kabupaten di Provinsi Jambi yang hampir dua bulan dilanda asap dan kekeringan diguyur hujan, Senin (17/3/2014) mulai pukul 15.30 WIB hingga 17.00 WIB. Hujan yang mengguyur kota itu cukup lebat dan merata, sehingga beberapa ruas jalan sempat banjir seperti Jalan Hayam Wuruk, Jelutung Kota Jambi. Berkat hujan lebat tersebut asap kebakaran lahan dan hutan yang menyelimuti Kota Jambi pun menipis secara drastis dan kualitas udara membaik.

Sementara itu umat Kristen di Kota Jambi, Minggu (16/3/2014) mendoakan turunnya hujan dalam ibadah kebaktian Minggu. Umat Kristen secara khusus mendoakan turunnya hujan karena Kota Jambi dan beberapa kabupaten di Jambi sudah lebih dua bulan dilanda kemarau dan bencana asap. Kemarau menyebabkan warga Kota Jambi krisis air bersih akibat sumur kering dan aliran air PDAM Kota Jambi macet. Kemudian asap membuat warga banyak yang terkena penyakit infeksi saluran pernafasan atas (ISPA). [Warna/Rds]

0 Response to "Hujan Turun, Warga Kota Jambi Lega"

Posting Komentar