Ibadah Refleksi Peringatan Wafatnya Isa Almasih di Jambi

(Jambi/Warna) – Ibadah bernuansa refleksi atau perenungan lebih ditonjolkan dalam peringatan wafatnya Isa Almasih (Yesus Kristus) di berbagai gereja di Kota Jambi. Ibadah refleksi mengenai pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib untuk menyelamatkan manusia dari cengkeraman dosa tersebut ditandai dengan pementasan drama penyaliban Yesus Kristus, perjamuan kudus dan peringatan detik-detik wafatnya Tuhan Yesus. 

 

               Yesus tersalib di Golgota untuk menebus dosa manusia. (Warna/Net)

 

Kepala Paroki Gereja Santa Theresia Pasar Kota Jambi, Romo Antonius Yuswita di Jambi, Rabu (16/4) menjelaskan, pihaknya menggelar beberapa rangkaian ibadah perenungan mengenai wafatnya Yesus Kristus selama tiga hari berturut – turut. Gereja Katolik yang paling banyak umat di Jambi tersebut menggelar misa Tri Suci atau tiga hari suci memperingati wafatnya Yesus Kristus. 

 

Misa tersebut diawali dengan Kamis Putih, Kamis (17/4) sore. Misa tersebut secara khusus untuk merenungkan saat – saat terakhir Tuhan Yesus bersama murid-murid-Nya menjelang disalibkan di bukti Golgota. Selanjutnya umat Katolik dari Gereja Santa Theresia Kota Jambi melaksanakan renungan sengsara Yesus Kristus, Jumat (18/4) pagi. 

 

Renungan sengsara Yesus itu ditandai dengan penayangan film tentang penyaliban Tuhan Yesus Kristus di gereja tersebut. Setelah itu umat Katolik dari gereja tersebut melaksanakan ibadah atau misa Jumat Agung (18/4) sore untuk mengenang dan merenungkan detik-detik terakhir Tuhan Yesus Kristus wafat di kayu salib. 

Film penyaliban Tuhan Yesus yang ditonton bersama warga jemaat Gereja Katolik Santa Theresia pada ibadah Jumat Agung, Jumat (18/4). (Foto : Warna/RSM)

Jumat Agung di Gereja tersebut dilanjutkan dengan misa di gereja itu, Jumat (18/4) malam. Sedangkan pada hari Sabtu (19/4) sore sekitar pukul 16.30 WIB dan malam pukul 20.30 WIB, umat Katolik Gereja Santa Theresia Kota Jambi mengadakan Malam Paskah. 

 

Kemudian pada hari Minggu (20/4) pukul 06.30 WIB, umat Katolik Gereja Santa Theresia melaksanakan misa Paskah untuk umum. Sedangkan Minggu pukul 09.00 WIB dilaksankan misa Paskah untuk anak-anak. Pada misa Paskah Minggu, dilaksanakan juga pembagian telur Paskah di gereja tersebut. Telur paskah tersebut merupakan sumbangan warga jemaat atau umat Katolik Jambi. 

 

Sementara itu pantauan Warta Nasrani (Warna) di Gereja Katolik Santa Theresia, Jalan Raden Mattaher, Kecamatan Pasar, Kota Jambi, Rabu (16/4), persiapan perayaan Tri Suci Paskah dilaksanakan secara serius. Anak-anak melaksanakan latihan/gladi bersih prosesi misa Paskah Anak – anak. 

 


        Misa kudus di Gereja Santa Theresia, Pasar, Kota Jambi. (Warna/KrismaTheresiaJambi)

 

Sedangkan persiapan Kamis Putih, Jumat Agung dan Paskah di Gereja tersebut juga telah matang. Pihak Gereja Santa Theresia Kota Jambi juga memasang tenda di halaman hingga areal parkir gereja untuk mengantisipasi padatnya umat Katolik Jambi yang mengikuti misa Jumat Agung dan Paskah. 

 

Sementara itu umat Kristen dari berbagai gereja di Kota Jambi menyambut hari wafatnya Yesus Kristus atau Jumat Agung, Jumat (18/4) dengan ibadah yang sederhana namun bersifat khusus dan bernuansa perenungan (refleksi).  Ibadah Jumat Agung di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Kotabaru Jambi, misalnya diawali dengan pelaksanaan Kamis Putih, Kamis (17/4) malam. 

 

Selanjutnya ibadah Jumat Agung di Gereja tersebut, Jumat (18/4) dilaksanakan secara khusus pukul 13.30 WIB. Ibadah tersebut secara khusus dilayani oleh kaum Wanita GKPS Kotabaru Jambi. Pada ibadah Jumat Agung tersebut juga dilaksanakan Perjamuan Kudus. Kemudian pada Minggu (20/4) subuh sekitar pukul 05.00 WIB, warga jemaat dan sekolah minggu GKPS Kotabaru Jambi mengadakan Paskah Subuh. Paskah Subuh dilanjutkan dengan oleh raga pagi dan pembagian telur paskah. Minggu Paskah di GKPS Kotabaru Jambi dilaksanakan Minggu (20/4) pukul 09.00 WIB. 

 

Umat Kristen dari Gereja Tabernakel Kota Jambi juga melaksanakan ibadah Jumat Agung dan Paskah secara sederhana namun tetap bernuansa reflektif. Ibadah Jumat Agung di Gereja Tabernakel Kota Jambi diisi dengan acara Perjamuan Kudus. 

 

Menurut Penatua Gereja Tabernakel Kota Jambi, H Lumbanraja, SPd, ibadah Jumat Agung di Gereja mereka dirangkaikan dengan Perjamuan Kudus. Perjamuan Kudus tersebut sebagai salah satu bentuk perenungan bagi umat Kristen di Gereja mereka mengenai besarnya kasih setia Tuhan Yesus terhadap murid-murid-Nya dan seluruh orang percaya.

 

“Gereja kami mengadakan Perjamuan Kudus dalam ibadah Jumat Agung. Perjamuan Kudus merupakan momentum bagi warga jemaat untuk saling memaafkan dan menghapus dosa sesama dari hati masing-masing seperti dilakukan Tuhan Yesus terhadap murid-murid-Nya menjelang wafat-Nya di kayu salib,”katanya. (Warna/Rds)

0 Response to "Ibadah Refleksi Peringatan Wafatnya Isa Almasih di Jambi "

Posting Komentar