Paus Doakan Kaum Miskin Dan Terbuang



    Paus Franciskus memimpin upacara Prosesi Jalan Salib. [Getty Image/SP-Online, Minggu,    
    20 April 2014]

Paus Franciskus memimpin misa Paskah Prosesi Jalan Salib di Roma, dengan mendoakan kaum miskin dan terbuang. Misa yang berlangsung hikmat itu menandai peringatan pengorbanan Kristus dalam Jumat Agung. Puluhan ribu orang berkumpul di sekitar Koloseum yang berusia sekitar 2.000 tahun itu. Prosesi tersebut meliputi 14 panggung, yang dikenal sebagai titik Pemberhentian Jalan Salib, dan membacakan doa khusus.

Salah satu doa menyentuh anak-anak yang dijadikan tentara, dan tentang kematian para imigran yang berupaya mencapai negara yang lebih makmur. Doa lain yang disampaikan adalah mengenai kelebihan kapasitas di penjara dan perlakuan terhadap orang lanjut usia. Imigran, tahanan, bekas pecandu dan orang-orang lanjut usia berada di antara mereka yang membantu memanggul salib besar.

Menolak Keserakahan 

Paus mendengarkan khotbah dari pastor Vatikan yang isinya menolak keserakahan dan kecintaan akan uang. Pastor Father Raniero Cantalamessa menyampaikan masalah ketidakadilan dalam perdagangan manusia dan penderitaan yang disebabkan oleh kerusakan lingkungan.

"Uang berada di belakang semua iblis yang ada di masyarakat kita," kata dia.

Paus Franciskus mendesak  umat yang hadir untuk mengingat seluruh orang yang terbuang  dan berbicara tentang "manusia monster" yang membiarkan iblis menuntun hidupnya.

"Iblis tidak punya sabda terakhir, tetapi cinta, kasih, dan pengampunan memilikinya" kata Paus diakhir Prosesi Jalan Salib.

Sabtu malam, Paus Franciskus memperingati Paskah di Basilika Santo Petrus. Pada Minggu, Paus  merayakan kebangkitan Yesus dan menyampaikan pesan untuk umat Katolit sedunia.Kamis lalu, Paus membasuh kaki dari 12 orang cacat di Roma sebagai bagian dari peringatan Kamis Putih.

Dia mendobrak tradisi dengan membasuh kaki sejumlah perempuan dan seorang pria Muslim dalam sebuah upacara, yang secara tradisional hanya diperuntukkan bagi laki-laki.
[BBC/L-8/SP-Online, Minggu, 20 April 2014]

0 Response to "Paus Doakan Kaum Miskin Dan Terbuang"

Posting Komentar