Simpati Umat Kristen di Jambi Sambut Lebaran

(Warna/Jambi) Kemeriahan perayaan Lebaran atau hari raya Idul Fitri 1435 Hijriyah, 28 Juli 2014 yang dirayakan umat Muslim ternyata turut juga dimeriahkan umat Kristen di Jambi. Umat Kristen di Kota Jambi misalnya memberikan aksi simpati kepada saudara-saudara mereka umat Muslim dengan melakukan kunjungan silaturahmi ke rumah keluarga mereka yang beragama Islam. 

Selain itu warga Kristen di Kota Jambi juga mengunjungi rumah warga Muslim di komplek perumahan atau tetangga untuk mengucapkan dan menyampaikan Selamat Lebaran. Rasa persaudaraan tersebut tidak hanya ditunjukkan satu dua orang warga Kristen. Rata-rata warga Kristen di Kota Jambi melakukan kunjungan silaturahmi ke sanak saudara dan tetangga mereka yang beragama Muslim. 

Keluarga B Damanik/Br Sitopu, Keluarga F Damanik/Br Sitorus, Keluarga R Saragih/Br Sinaga dan Keluarga R Saragih/Br Damanik misalnya, mengadakan kunjungan silaturahmi Lebaran ke rumah sanak saudara mereka yang merayakan Lebaran, Senin (28/7). Pertemuan dengan keluarga tersebut penuh dengan keakraban dan rasa kekeluargaan. 

B Damanik/Br Sitopu ketika berkunjung ke rumah keluarga Bp Irwan Damanik/Br Sinaga yang merayakan Lebaran mengatakan, pertemuan silaturahmi tersebut sangat berarti untuk mempererat rasa persaudaraan. Kunjungan seperti itu sudah rutin dilakukan setiap Lebaran. Pada kesempatan tersebut, B Damanik yang merupakan penasehat perkumpulan (Tumpuan) Damanik se-Kota Jambi juga menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga Bp Irwan Damanik. 

"Mulai pagi kami sudah mengadakan kunjungan silaturahmi ke rumah saudara kami Damanik yang beragama Islam di daerah Kumpeh, Kabupaten Muarojambi, sekitar 45 Km dari Kota Jambi. Setelah itu baru mengunjungi keluarga kami Muslim di Kota Jambi. Kunjungan ini kami lakukan untuk semua saudara kami yang Muslim di Kota Jambi. Sedangkan saudara kami yang tidak sempat kami kunjungi, kami menyampaikan ucapan Lebaran melalui SMS,"katanya.

Sementara itu warga Muslim yang merayakan Lebaran atau Idul Fitri di Kota Jambi juga turut berbagai suka cita di hari Idul Fitri kepada keluarga mereka warga Kristen dengan mengantarkan buah tangan, yakni makanan hari raya. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu wujud kentalnya rasa persaudaraan di antara umat Muslim dan Kristen di Kota Jambi.

Keluarga Ibu Novri, misalnya, mengantarkan makanan ke rumah beberapa sahabat mereka yang beragama Kristen sehari menjelang Lebaran. Mereka mengantarkan makanan tersebut sebagai simbol jalinan eratnya tali silaturhmi. 

"Kami antarkan makanan ini dengan suka cita walau hanya alakadarnya. Antaran makanan ini merupakan tradisi bagi kami untuk menunjukkan eratnya rasa persaudaraan di antara keluarga dan handai taulan kami, walau berbeda kepercayaan,"katanya. 


Sementara itu pantauan Warna di Kota Jambi, beberapa Gereja di Kota Jambi juga menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada umat Muslim. Ucapan selamat Lebaran itu disampaikan melalui pemasangan spanduk ucapan Lebaran di depan Gereja seperti tampak di Gereja Methodist Indonesia "Moria", Jalan Kol. M Kukuh Kota Jambi dan di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Kotabaru Jambi. (Warna/Rds)

********* 

Umat Kristen Kota Jambi

Mengucapkan 

"SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SAYAWAL 1435 H 

KEPADA SEGENAP SAUDARA UMAT MUSLIM DI JAMBI"

Tak ada gading yang tak retak, tak ada manusia yang tak punya salah

 "Mohon Maaf, Lahir dan Bathin"

 

0 Response to "Simpati Umat Kristen di Jambi Sambut Lebaran "

Posting Komentar