PGIW Jambi Imbau Umat Kristen Jangan Golput




Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia Wilayah (PGIW) Jambi, Pdt Manuarang Hutabarat, STh (tengah) didampingi Pendeta Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Resort Jambi, Pdt Dr Fritz Sihombing, MTh (kiri) dan Pendeta Gereja Methodist Indonesia (GMI) "Moria" Jambi, Pdt Kristian Lase, STh (kanan) memimpin Sidang Majelis Pekerja Harian Lengkap (MPL) PGIW Jambi baru-baru ini. (Foto : Warna/Rds)  
 
(Jambi/Warna) - Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia Wilayah (PGIW) Jambi mengimbau seluruh umat Kristen dari berbagai denominasi di Provinsi Jambi mendukung pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, 9 Desember  2015. Umat Kristen di daerah itu yang telah terdaftar dalam daftar pemilihan tetap (DPT) pilkada diharapkan jangan sampai menjadi golongan putih (golput) kendati undangan memilih tidak disampaikan panitia penyelenggara pilkada. 
 
“Kami mengimbau seluruh umat Kristen di seluruh Jambi yang telah memiliki hak pilih tidak sampai menjadi golput. Penggunaan hak suara pada pilkada serentak nanti penting untuk mendukung peningkatan partisipasi pemilih. Selain itu, umat Kristen di Jambi juga telah mendukung suksesnya pelaksanaan pilkada serentak jika menggunakan hak pilihnya,”kata Ketua PGIW Jambi, Pendeta (Pdt) Manuarang  Hutabarat di Jambi, Minggu (6/12/2015). 

Menurut Manuarang, untuk mengerahkan sekitar 100.000 orang pemilih Kristen di Jambi menggunakan hak pilih mereka pada pilkada serentaknanti, PGIW Jambi mengirimkan surat penggembalaan kepada seluruh gereja anggota PGIW Jambi. Surat penggembalaan tersebut dibacakan di dalam kebaktian di setiap gereja anggota PGIW Jambi, Minggu (6/12/2015).

“Dalam surat penggembalaan atau pastoral tersebut, seluruh umat Kristen yang telah memiliki hak pilih kami harapkan menggunakan hak pilih mereka pada pilkada serentak nanti. Kemudian umat Kristen juga diharapkan tetap mendukung kepala daerah yang terpilih, baik di tingkat provinsi, kota dan kabupaten,”katanya.

Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Persiapan Tanah Kanaan Kota Jambi yang hingga kini masih darurat membutuhkan perhatian para pemimpin dan wakil rakyat di Jambi saat ini. Warga Jemaat GKPS Persiapan Tanah Kanaan mengadakan pesta ulang tahun III GKPS Persiapan Tanah Kanaan di lapangan tanah, Minggu, 26 Oktober 2015. (Warna/Rds)

Manuarang mengatakan, PGIW Jambi juga meminta kepada segenap umat Kristen di Jambi tidak sampai terpecah hanya karena perbedaan pilihan pada pemilihan gubernur Jambi, wali kota Sungaipenuh dan bupati pada pilkada serentak nanti. Umat Kristen harus tetap mengedepankan prinsip langsung, umum, bebas dan rahasia (luber) dalam pilkada nanti.

“Dukungan penuh terhadap pelaksanaan pilkada serentak tersebut menunjukkan bahwa umat Kristen di Jambi tetap memiliki komitmen memajukan pembangunan Jambi di berbagai bidang, termasuk pembangunan politik. Karena itu umat Kristen tetap menjaga kebersamaan selama pilkada, baik kebersamaan di lingkungan Umat Kristen sendiri maupun kebersamaan di tengah masyarakat Jambi,”katanya. [141] (Sumber : Suara Pembaruan, Senin, 7 Desember 2015 Halaman 23)

0 Response to "PGIW Jambi Imbau Umat Kristen Jangan Golput "

Posting Komentar