Natal Oikumene Jambi Momentum Perkuat Persaudaraan Sosial


Gubernur Jambi, Zumi Zola (kiri) didampingi para rohaniawan menyambut umat Kristen Jambi dengan lambaian tangan pada perayaan Natal Oikumene Provinsi Jambi di Gedung Olah Raga (GOR) Kotabaru, Kota Jambi, Kamis (28/12/2017) malam. (Foto : Warna/Rds)
 
(Warna/Jambi) – Kehadiran Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli dan Wali Kota Syarif Fasha pada perayaan Natal Oikumene Jambi di Gedung Olah Raga (GOR) Kotabaru, Kota Jambi, Kamis (28/12) malam menambah suasana sejuk dan kondusif kehidupan beragama di Jambi. Suasan sejuk tersebut tercipta tatkala kedua kepala daerah muda tersebut menyampaikan pesan-pesan Natal bernuansa penuh rasa persaudaraan dan toleransi.

Zumi Zola ketika memberikan sambutan pada perayaan Natal Oikumene se-Provinsi Jambi mengatakan, perayaan Natal Oikumene yang dihadiri seluruh denominasi gereja hendaknya dijadikan momentum memperkuat persaudaraan sosial.

 “Melalui kekuatan persaudaraan sosial itu, kerukunan umat beragama, baik secara intern di kalangan umat Kristen maupun secara ekstern antarumat beragama di Jambi semakin baik,”katanya.

Menurut Zumi Zola, perayaan Natal pada hakekatnya adalah momentum membangun kedamaian di tengah kehidupan manusia. Karena itu perayaan Natal hendaknya menjadi suatu kesempatan untuk mewujudkan kedamaiam dan keharmonisan masyarakat, sehingga semua elemen masyarakat sama-sama berbuat kebajikan.

“Kemajemukan di Indonesia menjadi hal yang positif jika ada toleransi yang baik. Untuk itu, umat Kristiani dan seluruh masyarakat Provinsi Jambi bersama terus bergandeng tangan membangun toleransi yang baik. Toleransi itu penting di antara umat Kristen dari berbagai denominasi maupun dengan pemeluk agama lain,”katanya.
Gubernur Jambi, Zumi Zola (empat dari kanan) dan isteri, Sherrin Tharia Zola (lima dari kanan) disambut tarian sekapur sirih pada pada perayaan Natal Oikumene Provinsi Jambi di Gedung Olah Raga (GOR) Kotabaru, Kota Jambi, Kamis (28/12/2017) malam. (Foto : Warna/Rds)
 
Apresiasi

Zumi Zola mengapresiasi terciptanya keamanan pada setiap perayaan Natal yang dilakukan umat Kristen di Jambi medio Desember 2017. Baik itu perayaan Natal Minggu – Senin (24 – 25/12) maupun perayaan Natal Oikumene Provinsi Jambi, Kamis malam.  

Keamanan perayaan Natal tersebut, lanjut Zumi Zola, menunjukkan cukup tingginya toleransi dan kerukunan umat beragama di Jambi. Toleransi dan kerukunan tersebut harus tetap dipertahankan karena hal tersebut sangat mendukung pembangunan Jambi.

Zumi Zola juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat dan umat beragama di Jambi yang turut menciptakan suasana kondusif selama perayaan Natal di daerah itu. Suasana kondusif tersebut diharapkan tetap tercipta pada perayaan Tahun Baru nanti.

 "Saya mengapresiasi lancar dan amannya perayaan Natal Oikumene. Kami sebagai kepala daerah diundang. Kami sebagai gubernur, bupati dan wali kota berharap dapat memberi rasa aman kepada seluruh umat beragama di Provinsi Jambi untuk melaksanakan ibadahnya," tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Jambi, Syarif Fasha pada kesempatan tersebut mengatakan, pemerintah harus senantiasa memastikan bahwa umat beragama di Jambi jangan ada yang bergesekan atau terlibat konflik.

 “Untuk menciptakan harmoni kehidupan umat bergama itu adalah tugas kami. Namun dukungan masyarakat dan umat beraga juga penting,”katanya.

Syarif Fasha mengatakan, Pemerintah Kota Jambi telah mengeluarkan enam izin pembangunan gereja di Kota Jambi tahun ini. Sedangkan 11 izin pembangunan gereja lagi sedang dalam proses.

"Pemberian izin pembangunan gereja ini harus benar-benar digunakan dengan baik. Umat Kristen perlu menjaga kepercayaan yang telah diberikan masyarakat sekitar dan pemerintah. Artinya, gereja yang sudha mendapat izin harus tetap mampu membina kerukunan dengan warga sekitar,”katanya.

Perwakilan dari tiga aras Gereja (Persekutuan Gereja – gereja di Indonesia, Persekutuan Gereja Pentakosta Indonseia dan Komisi Wali Gereja Indonesia) Jambi, Pendeta (Pdt) R Gultom pada kesempatan tersebut mengimbau seluruh umat Kristen di Jambi untuk turut berkontribusi terhadap kemajuan Provinsi Jambi.  

“Umat Kristiani di Jambi juga hendaknya senantiasa menjadi membawa damai bagi seluruh umat manusia, bukan hanya bagi yang seiman, tetapi juga bagi yang berbeda iman, serta bagi lingkungan sekitar,”katanya.

Perayaan Natal Oikumene Provinsi Jambi yang dihadiri sekitar 3.000 umat Kristen se-Provinsi Jambi di GOR Kotabaru, Kota Jambi, Kamis (28/12) malam berlangsung aman, tertib dan meriah. Perayaan Natal yang mengusung tema "Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah dalam Hatimu”  (Kolose  3 : 15a) menyuguhkan hiburan meriah. Baik hiburan tarian, paduan suara dan vocal grup dari panitia dan berbagai gereja. Natal Oikumene Jambi tersebut juga dimeriahkan Peace Acapella  Jakarta. (Warna/Rds)

0 Response to "Natal Oikumene Jambi Momentum Perkuat Persaudaraan Sosial"

Posting Komentar