Suasana Kondusif, Umat Kristen Jambi Rayakan Natal dengan Meriah





Suasana perayaan Natal di Kota Jambi, MInggu - Senin (24 - 25/12/2017) cukup kondusif. Suasana tersebut membuat umat Kristen di Kota Jambi dapat merayakan Natal dengan aman, tertib dan khidmat. Gubernur Jambi, Zumi Zola (tengah) didampingi Kapolda Jambi, Brigjen Pol Priyo Widyanto meninjai Posko Natal di Kota Jambi, Minggu (24/12/2017) malam. Sekitar 3.000 orang aparat keamanan dikerahkan mengamankan Natal dan Tahun Baru di Jambi tahun ini. (Foto :/Warna/Rds)

(Warna/Jambi ) – Suasana kondusif, aman dan damai membangkitkan semangat umat Kristen di Kota Jambi merayakan Natal dengan meriah. Puluhan ribu umat Kristen yang menjadi anggota jemaat di 60 gereja di kota itu memadati gereja mengikuti ibadah malam Natal, Sabtu (24/12/2017) malam dan perayaan Hari Natal, Senin (25/12/2017) pagi hingga sore.

Berbagai rangkaian ibadah perayaan Natal mulai dari penampilan paduan suara, vocal grup dan pelaksanaan sakramen baptisak kudus, angkat sidi dan perjamuan kudus yang dilaksanakan di berbagai gereja berlangsung khidmat, tertib dan damai.

Pantauan media online umat Kristen Jambi, Warna, perayaan Natal yang dihadiri sekitar 5.000 warga jemaat di gereja Huria Batak Kristen Protestan (HKBP) Kotabaru, Kota Jambi,Senin (25/12) pagi hingga siang berlangsung meriah. Warga jemaat gereja terbesar di Kota Jambi itu memadati rumah ibadah untuk mengikuti ibadah perayaan Natal. Sebagian warga jemaat terpaksa mengikuti ibadah di bawah tenda di halaman gereja tersebut.

Suasana yang sama juga tampak di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Kotabaru dan Gereja Methodist Indonesia (GMI) Moria Kotabaru, Kota Jambi. Sebagian warga kedua gereja tersebut terpaksa mengikuti ibadah perayaan Natal di halaman gereja karena gereja penuh.

Perayaan Natal di GKPS Jambi, Senin (25/12/2017) berlangsung khidmat, aman dan tertib. (Foto : Warna/AL)

Sementara itu jemaat GKPS Kotabaru, Kota Jambi mengisi ibadah perayaan Natal dengan pemberian baptisan kudus kepada anak-anak, pentahbisan peserta katekhisasi atau angkat sidi dan perjamuan kudus. Pelaksanaan sakramen baptisan kudus dan perjamuan kudus tersebut membuat ibadah perayaan Natal di GKPS Jambi yang dihadiri sekitar 350 warga jemaat tampak lebih khusyuk.

Malam Natal

Suasana ibadah malam Natal di berbagai gereja di Kota Jambi, Minggu (24/12/2017) malam juga berlangsung aman, tertib dan khidmat. Umat Kristen yang memadatai setiap gereja mengikuti ibadah dengan antusias, tenang dan khusyuk.  Tak ada tampak kesan kekhawatiran umat Kristen terhadap gangguan keamanan ibadah malam natal di kota itu, kendati pengamanan ibadah di setiap gereja tidak terlalu ketat seperti tahun-tahun sebelumnya.
Misa atau ibadah malam Natal di Gereja Katolik Santa Theresia, Pasar Kota Jambi yang dihadiri ribuan umat Katolik Jambi juga berlangsung khidmat, aman dan tertib. (Foto : Warna/AL)

Pantauan Warna di gereja-gereja yang berada di komplek gereja Kotabaru Jambi,  Minggu (24/12/2017) malam, ribuan umat Kristen memadati gereja mengikuti ibadah malam natal dengan tertib. Seluruh rangkaian acara ibadah malam natal di setiap gereja berjalan lancar seperti tampak di Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Kotabaru Jambi, Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Jambi, Gereja Methodist Indonesia (GMI) Moria Kotabaru Jambi dan Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Jambi.

Selain itu, misa malam Natal di Gereja Katolik Santa (St) Theresia, Pasar, Kota Jambi dan Gereja St Gregorius Agung, Jalan LIngkar Barat, Kotabaru, Kota Jambi, MInggu (24/12/2017) malam juga berlangsung aman, tertib dan khidmat. Puluhan ribu umat Kristen Katolik di Jambi mengikuti seluruh rangkaian misa malam Natal penuh rasa antusias.

Di GKPS Jambi, ibadah malam natal yang dihadiri sekitar 300 orang warga jemaat tampak meriah. Rangkaian ibadah diisi dengan penampilan paduan suara gabungan, vocal grup dan solo. Kemeriahan juga mewarnai ibadah malam Natal di GKPS Jambi berkat iringan musik band dan seruling khas Batak Pemuda GKPS Jambi.

“Syukur sekali ibadah malan Natal di GKPS Jambi dan gereja-gereja di Jambi mala mini berlangsung aman dan tertib. Tadi Gubernur Jambi, Zumi Zola datang meninjau ibadah malam Natal di GKPS Jambi dan gereja lain. Saya menjelaskan, ibadah malam Natal di GKPS Jambi aman dan tertib,”kata Bendahara Jemaat GKPS Jambi, Jamansen Saragih.
 
Pendeta GKPS Resortt Jambi, Pdt Riando Tondang, STh. (Foto : Warna/AL)

Natal Bawa Perdamaian 

Sementara itu, Pendeta (Pdt) Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Resort Jambi, Pdt  Riando Tondang, STh pada ibadah perayaan Natal di GKPS Jambi, Kotabaru, Kota Jambi, Senin (25/12/2017) mengatakan, suka cita Natal yang melingkupi seluruh umat Kristen di dunia hendaknya menjadi kekuatan membangun perdamaian. Suka cita Natal yang membawa kegembiraan bagi umat manusia di dunia juga hendaknya menjadi momentum bagi seluruh umat manusia menebar suka cita dan hidup yang damai dengan semama.

“Natal membangkitkan suka cita seluruh umat manusia, karena kelahiran Yesus pada dasarnya membawa kabar baik, yaitu hidup penuh damai. Melalui suka cita, umat Kristen diharapkan terus berjuang mampu memberikan damai dan suka cita bagi masyarakat di sekitarnya,”katanya.

Menurut Riando Tondang, perayaan kelahiran Tuhan Yesus Kristus atau Natal menjadi momentum bangkitnya suka cita di kalangan umat Kristen dan seluruh manusia di dunia. Karena itu suka cita Natal hendaknya memampukan umat Kristen menghadapi berbagai pergumulan hidup. Baik pergumulan di bidang kehidupan sehari-hari maupun pergumulan di bidang kerohanian.

“Melalui suka cita Natal, umat Kristen hendaknya semakin memiliki kekuatan iman menghadapi berbagai persoalan hidup. Kegembiraan di hari Natal ini menjadi momentum bagi umat Kristen menentang berbagai godaan dunia yang merusak harmoni kehidupan sosial dan rohani kita,”katanya.
Anak-anak juga tak ketinggalan turut bersuka cita merayakan Natal di Kota Jambi. Tampak anak-anak GKPS Jambi turut berliturgi (membacakan ayat kitab suci Alkitab) pada perayaan Natal Sektor Korintus GKPS Jambi, Minggu (17/12/2017). (Foto : Warna/Rds)
 
Natal Bawa Perubahan

Sementara itu, Penginjil Wanita (PW) Denny Damanik, STh GKPS dalam khotbahnya pada ibadah malan Natal di GKPS Jambi mengatakan, Natal atau kelahiran Yesus Kristus hendaknya membawa perubahan semangat dan kekuatan iman bagi umat Kristen untuk menghadapi berbagai masalah sosial.

Masalah sosial yang mesti dilawan umat Kristen sekarang ini, lanjut PD Denny Damanik, antara lain sifat egoisme, tindak kekerasan fisik dan sosial, korupsi, sifat intoleran, radikalisme, materialisme dan hedonisme.

“Melalui peringatan kelahiran Yesus Kristus, umat Kristen hendaknya semakin memiliki rasa kasih dan peduli terhadap sesama. Kelahiran Yesus juga hendaknya meneguhkan iman kita agar semakin mampu menolak roh-roh duniawi seperti perliaku amoral, asocial dan berbagai pola hidup yang tak sesuai ajaran kasih Kristus,”katanya.

Sementara itu Gubernur Jambi, Zumi Zola, ketika mengunjungi berbagai gereja pada malam Natal, Minggu (24/12/2017) mengapresiasi suasana kondusif perayaan Natal di Kota Jambi. Terciptanya situasi aman dan tertib dalam perayaan Natal di Jambi dinilai tidak terlepas dari semangat kerukunan, toleransi dan saling menghargai di antara segenap lapisan masyarakat Jambi.

“Situasi kondusif ini saya harapkan berlangsung juga pada perayaan Natal, Minggu (25/12/2017) hingga perayaan malam pergantuan tahun, Minggu (31/12/2017) dan Tahun Baru, 1 Januari 2018. Saya mengapresiasi kebersamaan seluruh eleman masyarakat Jambi menjaga iklim kondusif selama perayaan Natal hingga Tahun Baru nanti,”ujarnya. (Warna/Rds)
Ibadah perayaan Natal di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Kotabaru, Kota Jambi, Minggu (25/12/2017) berlangsung aman, tertib dan khidmat. Pada ibadah Natal tersebut dilaksanakan pentahbisan atau angkat sidi para remaja yang sudah menyelesaikan pelajaran Alkitab dan Kekristenan (katekhisasi) menjadi anggota jemaat biasa. (Foto :Warna/AL)


0 Response to "Suasana Kondusif, Umat Kristen Jambi Rayakan Natal dengan Meriah"

Posting Komentar