Natal Siswa Kristen Kota Jambi Bangkitkan Semangat Pekabaran Injil



Pementasan drama mengenai kisah Pekabaran Injil (PI) misionaris Jerman, Il Nommensen di tanah Batak pada perayaan Natal siswa – siswi dan guru Kristen Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 Kota Jambi di Gereja Batak Kristen Protestan (GBKP) Kota Jambi, Jumat (16/12/2017) malam. ( Foto : Warna/Rds)



(Warna/Jambi) - Perayaan Natal siswa – siswi dan guru Kristen yang berlangsung semarak di berbagai gereja di Kota Jambi ternyata tidak hanya sekadar bersifat seremonial dan hiburan. Melalui perayaan Natal, siswa – siswi dan guru Kristen dari berbagai sekolah negeri maupun swasta di kota itu berupaya membangkitkan semangat Pekabaran Injil (PI) di kalangan pelajar.

Salah satu perayaan Natal sekolahan yang memiliki misi peningkatan semangat PI tersebut, yakni perayaan Natal siswa – siswi dan guru Kristen Kristen Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 Kota Jambi yang digelar di Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Kota Jambi, Jumat (15/12/2017) malam.

Siswa – siswi dan guru Kristen SMAN 6 Kota Jambi  berupaya membangkitkan semangat Pekabaran Injil (PI) melalui pementasan kisah misionaris Jerman, Ingwer Ludwig (IL) Nommensen mengabarkan Injil ke tanah Batak (1864 – 1918) dalam drama Natal mereka.

Kendatai akting para siswa pemeran srama Natal mengenai kisah penginjilan IL Nommensen ke tanah Batak tersebut masih sederhana, namun pementasan kisah misionaris Jerman tersebut cukup mengguggah hadiri. Pementasan drama PI di tanah Batak itu cukup mampu menggambarkan betapa sulitnya orang Batak tempo duli menerima Kabar Baik (Injil) dan betapa besarnya pengorbanan misionaris Jerman menaburkan benih Injil di tanah Batak.

Pada pementasan drama kisah IL Nommensen tersebut dikisahkan bahwa pada awalnya, sebelum  IL Nommensen datang membawa Injil ke tanah Batak, beberapa misionaris Jerman mati terbunh di tangan raja-raja Batak. Mereka membunuh beberapa misionaris Jerman karena mencurigai bahwa misionaris Jerman sebagai mata-mata kompeni (penjajah) Belanda.

Pada drama tersebut dikisahkan, Raja-raja Batak menerima misionaris Jerman, IL Nommensen, karena mereka dilanda malapetaka ketika bermaksud membunuh IL Nommensen seperti misionaris Jerman sebelumnya.

“Kehadiran IL Nommensen mengabarkan Injil ke tanah Batak akhirnya membebaskan orang Batak dari keterbelakangan, kebodohan, kemiskinan, kekejaman dan penyembahan berhala. Hendaknya kisah PI misionaris Jerman, IL Nommensen ini bisa menggugah kita agar semangat kita tidak pernah kendor mengabarkan Kabar Baik keselamatan atau Injil Kristus,”kata pembaca prolog di akhir drama tersebut.
Siswa - siswi SMA Negeri 6 Kota Jambi cukup bersemangat mengikuti seluruh rangkaian perayaan Natal mereka di GBKP Kotabaru Jambi, Jumat (15/12/2017). (Foto : Warna/Rds)

Semarak Natal

Sementara itu perayaan Natal SMAN 6 Kota Jambi tersebut berlangsung semarak. Sekitar 150 orang siswa, guru dan orangtua mengikuti seluruh rangkaian ibadah dan perayaan Natal dengan khidmat dan antusias. Para siswa membawakan ibadah, liturg, fragmen dan nyanyian Natal dengan apik.

“Kami memberikan apresiasi terhadap keseriusan para siswa – siswi  yang sangat serius mempersiapkan perayaan Natal ini. Keseriusan tersebut akhirnya membuahkan hasil terlaksananya perayaan Natal yang mampu member makna reflektif bagi kita,”kata Robinson Hutapea, mewakili guru Kristen SMAN 6 ketika member sambutan.

Sementara itu, Pendeta (Pdt) Julinto Sinaga pada renungan Natal SMAN 6 Kota Jambi tersebut mengatakan, umat Kristen, khususnya siswa-siswi, guru dan orangtua siswa SMAN 6 Kota Jambi tidak perlu takut menghadapi berbagai tantangan hidup.

“Ketakutan tak perlu lagi mewarnai kehidupan umat Kristen di tengah kompleks dan beratnya pergumulan hidup. Kehadiran Tuhan Yesus, Juru Selamat manusia dan janji Allah tentang penyertaanya terhadap orang percaya hingga akhir dunia menjadi peneguh bagi umat Kristen  agar tetap setia pada Allah,”katanya.

Sementara itu pantauan SP sepekan terakhir, perayaan-perayaan Natal siswa-siswi dan guru – guru Kristen sekolah – sekolah negeri maupun swasta di Kota Jambi berlangsung semarak. Semarak Natal itu tampak pada perayaan Natal siswa dan guru Kristen SMUN 5 Kota Jambi di GKPS Jambi, Jumat (15/12) malam, perayaan Natal siswa dan guru Kristen SMUN 6 Kota Jambi di GBKP Kota Jambi, Jumat (16/12) malam, perayaan Natal gabungan siswa dan guru Kristen SMU Titian Teras dan SMUN 8 Kota Jambi di GBKP Kota Jambi, Rabu (13/12) malam. (Warna/Rds)
Band Siswa Kristen SMA Negeri 6 Kota Jambi tampil cukup memukau pada perayaan Natal SMA Negeri 6 Kota Jambi di GBKP Kotabaru Jambi, Jumat (15/12/2017). (Foto : Warna/Rds)


 

0 Response to "Natal Siswa Kristen Kota Jambi Bangkitkan Semangat Pekabaran Injil"

Posting Komentar