Ratusan Rumah di Kerinci Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

[JAMBI] Sudah jatuh di timpa tangga pula. Itulah yang dialami ratusan warga beberapa desa di kaki Gunung Kerinci, Kecamatan Kayuaro, Kabupaten Kerinci, Jambi. Di tengah pengungsian warga akibat semburan debu hitam Gunung Kerinci, pemukiman warga diterjang angin puting beliung dan hujan es.

Angin puting beliung tersebut menyebabkan sekitar 161 unit rumah warga desa rusak ringan dan 70 unit rumah rusak berat. Kemudian sedikitnya 125 hektare (ha) tanaman sayuran dan padi warga desa juga rusak.

Kepala Bagian Pemberitaan Humas, Informasi dan Komunikasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci, Amir Syam yang dihubungi SP dari Kota Jambi Rabu (22/4) pagi menjelaskan, warga desa kaki Gunung Kerinci yang rumahnya rusak berat diterjang angin puting beliung mengungsi ke rumah tetangga. Mereka terpaksa mengungsi mereka karena angin puting beliung mengakibatkan atap rumah terbang.

Dijelaskan, sebanyak 136 unit rumah warga yang rusak diterjang angin puting beliung dan hujan es Selasa (21/4) terdapat di Desa Sungai Rumpun, Kecamatan Gunung Tujuh.
Sebanyak 45 unit rumah di antaranya rusak berat. Sedangkan 25 unit rumah warga yang rusak berat terdapat di Desa Bendung Air, Kecamatan Kayu Aro.

Menurut Amir Syam, kendati mengakibatkan banyak rumah warga dan tanaman yang rusak, angin puting beliung tersebut tidak sampai menelan korban jiwa. Namun warga masih diliputi rasa khawatir terhadap peningkatan aktifitas Gunung Kerinci.

Sementara itu, Koordinator Petugas Pemantauan Gunung Kerinci, Heri Prasetyo mengatakan, aktifitas Gunung Kerinci hingga Rabu (22/4) semakin menurun. Semburan debu sudah berhenti. Sedangkan suara gemuruh gunung hanya sesekali terdengar.

"Aktifitas Gunung Kerinci sudah menurun. Tak ada lagi semburan debu hitam. Suara letusan di gunung itu pun semakin jarang terdengar. Karena itu warga kita minta tidak perlu panik. Kita selalu menginformasikan keadaan gunung ini,"katanya. [141]

0 Response to "Ratusan Rumah di Kerinci Rusak Diterjang Angin Puting Beliung"

Posting Komentar