GKPS Empat Provinsi Rayakan Jubileum 110 Tahun Injil di Jambi



[JAMBI] Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) dari empat provinsi di Sumatera merayakan Jubileum (Pesta Ulang Tahun) 110 Tahun Pekabaran Injil di Simalungun di Kota Jambi. Puncak peryaaan Jubileum 110 Tahun Pekabaran Injil tersebut ditandai dengan pelaksanaan ibadah raya di GKPS Kotabaru Jambi, Minggu (1/9/2013). Ibadah raya yang dihadiri sekitar 700 orang warga GKPS se-Provinsi Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Provinsi Bengkulu tersebut dipimpin Sekretaris Jenderal (Sekjen) GKPS, Pdt El Imanson Sumbayak MTh.

















 Praeses (pimpinan) GKPS Distrik VI, Pdt J Sipayung MA (kiri) didampingi Ketua Umum Panitia Jubileum110 Injil di Simalungun Distrik VI Rayon I Jambi, Letkol Inf Drs R Sitanggang (dua dari kiri) menyerahkan Piala Juara Umum Pesparawi dan Lomba Tari Simalungun kepada Pengurus GKPS Resort Palembang di GKPS Kotabaru Jambi, Minggu (1/09/2013). [SP/141]
Ibadah raya perayaan Jubileum 110 Tahun Injil di Simalungun tersebut dimeriahkan dengan festival paduan suara dan vokal grup antar jemaat GKPS wilayah Kota Jambi, Kota Muarabungo, Jambi, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung dan Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Perayaan Jubileum 110 Tahun Pekabaran Injil di Simalungun di Kota Jambi itu juga diisi dengan kegiatan seni – budaya, yakni festival tari tradisional Simalungun dan pentas musik Simalungun. Kegiatan seni – budaya itu digelar di GKPS Kotabaru Jambi, Sabtu (31/8/2013).
Ketua Panitia Perayaan Jubileum 110 Tahun Injil di Simalungun Distrik VI Rayon I Jambi, Sy Joko Hotman Karo-karo kepada SP di Jambi, Selasa (27/8) menjelaskan, Perayaan Jubileum Pekabaran Injil di Simalungun untuk empat provinsi di Kota Jambi tersebut dihadiri sekitar 700 orang. Kegiatan tersebut tidak hanya diikuti warga jemaat GKPS, tetapi juga warga Kristen Simalungun di luar GKPS dan umat Kristen dari gereja-gereja lain.

Dikatakan, Perayaan Jubileum 110 Tahun Injil di Simalungun tingkat Distrik VI Rayon I Jambi dilaksanakan secara meriah guna membangkitkan semangat pekabaran Injil di tengah warga jemaat GKPS, khususnya di empat provinsi, yakni Provinsi Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Bengkulu. Semangat pekabaran Injil di empat provinsi tersebut perlu terus dibangun karena jumlah warga jemaat GKPS di empat provinsi tersebut terus bertambah. Sebagian warga jemaat GKPS di empat provinsi tersebut belum masuk ke GKPS karena meeka tinggal di daerah-daerah pertumbuhan ekonomi baru seperti daerah-daerah perkebunan kelapa sawit.

“Melalui semangat pekabaran Injil, warga jemaat GKPS di empat provinsi wilayah Sumatera Bagian Selatan, Jambi, Bangulu dan Bangka Belitung mampu memberikan pelayanan bagi warga jemaat GKPS yang masih berada di luar GKPS. Perayaan Jubileum ini juga kita gelar secara meriah sebagai ucapan syukur atas besarnya peran Injil membebaskan masyarakat Simalungun dari keterbelakangan,”katanya.


Sekretaris Jenderal (Sekjen) GKPS, Pdt El Imanson Sumbayak MTh (tengah pakai kalung bunga) saat prosesi Ibadah Raya Perataan Jubileum 110 Tahun Injil di Simalungun Tingkat Distrik VI Rayon I Jambi di GKPS Kotabaru Jambi, Minggu (1/09/2013). [SP/141]
Dijelaskan, Injil Kristus mulai disebarkan di daerah Simalungun oleh misionaris asal Jerman, Pdt August Thais, 2 September 1903. Usia pekabaran Injil di daerah Simalungun tersebut genap 110 tahun 2 September 2013. Karena itu seluruh jemaat GKPS di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu dan Bangka Belitung turut merayakan 110 tahun pekabaran Injil di Simalungun. [SP/141]

0 Response to "GKPS Empat Provinsi Rayakan Jubileum 110 Tahun Injil di Jambi"

Posting Komentar