HKBP Jambi Bangun Perkampungan Kristen



Para sesepuh (penatua) HKBP Resort Kotabaru Jambi (kanan) menari ketika hendak menyematkan ulos (kain tradisional khas Batak) kepada Keluarga Ketua Badan Diakonia Sosial (BDS) HKBP Resort Kotabaru, Kota Jambi, St LM Lubis dan isteri (kiri) pada Pesta Gotilon (Panen) HKBP Resort Kotabaru, Kota Jambi, Minggu (14/10/2012). [SP/141] 

[JAMBI] Meningkatnya jumlah warga Kristen asal Sumatera Utara di Kota Jambi dan sekitarnya membuat kebutuhan perumahan dan rumah ibadah bagi mereka semakin sulit. Pembangunan perumahan dan rumah ibadah di Kota Jambi cenderung sulit karena keterbatasan wilayah yang diperuntukkan bagi permukiman dan rumah ibadah kaum Nasrani di daerah tersebut.

Mengantisipasi peningkatan kebutuhan perumahan dan rumah ibadah tersebut, Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Resort Kotabaru, Kota Jambi melakukan terobosan membangun komplek permukiman dan rumah ibadah bagi warga HKBP di daerah itu mulai tahun ini.

Untuk tahap pertama, HKBP Resort Kotabaru, Kota Jambi telah menyiapkan areal permukiman dan rumah ibadah sekitar 12 hektare (ha), yakni di Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaraojambi, sekitar 10 Km dari Kota Jambi.

Penjualan kapling perumahan tersebut dimulai pada Pesta Panen/Syukuran HKBP Resort Kotabaru, Kota Jambi, Minggu (14/10). Harga satu kapling perumahan tersebut dengan ukuran tanah 400 meter persegi hanya Rp 51 juta. Setiap keluarga hanya bisa membeli satu kapling.

Ketua Badan Diakonia HKBP Resort Kotabaru, Kota Jambi, St LM Lubis pada kesempatan tersebut menjelaskan, pembangunan komplek permukiman dan rumah ibadah warga HKBP tersebut dilakukan sebagai salah satu wujud peningkatan pelayanan sosial kepada warga HKBP di daerah itu.

Selama ini Gereja-gereja di Jambi, termasuk HKBP belum memperhatikan kesulitan permukiman dan rumah ibadah umat Kristen yang banyak tinggal di daerah-daerah pinggiran Kota Jambi dan di kawasan-kawasan pusat pertumbuhan ekonomi baru di daerah tersebut.  
   
Saat ini,lanjut LM Lubis, masih banyak umat Kristen, termasuk warga HKBP Jambi yang memiliki kebun sawit di daerah Sungai Gelam dan Petaling, Kabupaten Muarojambi tidak memiliki rumah. Mereka masih banyak yang mengontrak rumah di Kota Jambi. Kemudian warga HKBP di Kabupaten Muarojambi itu juga tidak memiliki rumah ibadah karena sulit memperoleh izin membangun rumah ibadah.

“Karena itu, kita menyediakan komplek permukiman khusus bagi mereka, sehingga mereka juga mudah membangun rumah ibadah di sekitar permukiman,”katanya.

Menurut LM Lubis, pihaknya terus meningkatkan pelayanan sosial agar seluruh warga HKBPdi Jambi bisa hidup lebih mandiri dan sejahtera. Saat ini HKBP di daerah itu telah memiliki lembaga koperasi yang siap membantu warga HKBP dalam mengatasi kesulitan modal usaha. Selain itu HKBP Jambi juga telah menyediakan beasiswa bagi anak-anak yang berprestasi dari warga HKBP berekonomi lemah.

Sementara itu, Pendeta (Pdt) HKBP Resort Kotabaru, Kota Jambi, Pdt Pdt Victor Ambarita STh pada ibadah syukuran tersebut mengatakan, Gereja sekarang ini harus meningkatkan kepedulian terhadap pemenuhan kebutuhan warga jemaatnya. Hal itu penting agar seluruh warga jemaat dari setiap Gereja bisa hidup sejahtera.

“Kesejahteraan warga jemaat berpengaruh besar terhadap kemajuan pembangunan Gereja. Bila ekonomi warga jemaat kuat dan kehidupan sosial serta kerohanian mereka terbangun dengan baik, maka mereka juga akan lebih mampu memberikan kontribusi bagi pengembangan gerejanya. Baik pengembangan gereja secara fisik,maupun pengembangan kegiatan gereja untuk Pekabaran Injil,”katanya. 

Sementara itu Pesta Gotilan (Panen) HKBP Resort Kotabaru Kota Jambi yang dilangsungkan selama dua hari, Sabtu – Minggu (13-14/10) berlangsung meriah. Pesta tersebut diisi dengan tari-tarian tradisional Batak untuk pengumpulan dana pembangunan berbagai fasilitas pelayanan sosial HKBP Resort Kotabaru Jambi. Turut memeriahkan pesta tersebut, penyanyi Batak, Trio Santana dari Jakarta dan Trio Embas dari Jambi. (Warna/Rds) (Sumber : Dok. : St R Saragih, Jambi, Senin, 15 Oktober 2012)

0 Response to "HKBP Jambi Bangun Perkampungan Kristen "

Posting Komentar